Pemrograman berorientasi obyek memecah komponen-komponennya menjadi obyek-obyek yang saling berinteraksi.
Dunia nyata yang terdiri dari obyek-obyek dapat dengan mudah dimodelkan sehingga program bisa lebih mendekati kondisi yang sebenarnya.
Class dan Objek
Sebuah kelas menentukan struktur dan behaviour dari sebuah obyek. Sebagai sebuah contoh, truk, bus, mobil, sepeda motor didefinisikan sebagai sebuah kendaraan bermotor karena memiliki beberapa karakteristik yang sama yaitu memiliki mesin, menggunakan bahan bakar minyak untuk pengoperasiannya. Kendaraan bermotor tersebut juga memiliki beberapa atribut yang sama dalam kelasnya, misalkan memiliki jumlah roda, no kendaraan, nomor rangka mesin, jumlah kursi penumpang, dan lain-lain.
Obyek merupakan dasar dari pemrograman berorientasi obyek, didalam dunia nyata, setiap obyek yang ada memiliki dua buah karakteristik: State dan behaviour.
· State merupakan atribut yang dimiliki oleh sebuah obyek.
· Behaviour adalah fungsi yang dimiliki dan bisa dijalankan oleh penggunanya.
Contoh: obyek sepeda
Memiliki atribut (state) : pedal, roda, jeruji, warna, jumlah roda.
„ Memiliki tingkah laku (behavior) : kecepatanya menaik, kecepatannya menurun, perpindahan gigi sepeda
Pada pemrograman berorientasi objek :
- State disimpan pada --> variabel
- Tingkah laku disimpan pada -->method
Attributes
Definisi atribut : adalah data yang membedakan antara obyek satu dengan yang lain.
Contoh: VolcanoRobot ÆA volcanic exploration vehicle, mempunyai atribut sebagai berikut:
„ - Status Æexploring, moving, returning home
„ - Speed Æin miles per hour
„ - Temperature, in Fahrenheit degrees
Dalam class atribut disebut sebagai Variabel
Behavior
Behavior / tingkah laku adalah hal – hal yang bisa dilakukan oleh obyek dari suatu class.
Behavior dapat digunakan untuk mengubah nilai atribut suatu obyek, menerima informasi dari obyek lain, dan mengirim informasi ke obyek lain untuk melakukan suatu task.
Contoh: VolcanoRobot
- Check current temperature
- Begin a survey
- Report its current location
- Report its current location
Dalam class behavior disebut juga sebagai method
Methods: adalah serangkaian statmnets dalam suatu class menghandle suatu task tertentu.
Cara objek berkomunikasi dengan objek lain adalah dengan menggunakan method
Enkapsulasi
Enkapsulasi : pembungkusan variabel method dalam sebuah obyek yang terlindungi serta menyediakan
interface untuk mengakses variabel tersebut.
Contoh : jam tangan
- Penting sekali untu, mengetahui waktu
- Cara jam mencatat waktu dengan baik antara jam bertebaga baterai atau bertenaga gerak tidaklah penting
kita ketahui
Pewarisan
Class yang mewarisi disebut superclass, dan class yang diwarisi disebut subclass. Subclass bisa berlaku sebagai superclass bagi class lainnya atau disebut Multilevel inheritance.
Polimorfisme
Kemampuan suatu obyek untuk mempunyai lebih dari satu bentuk.
Sumber: http://lecturer.eepis-its.edu/~riyanto/oop1.pdf,
Dibawah ini contoh program untuk lebih memhami cara membuat class, mendeklarasikan object, method, dan atribut, membuat constructor dan membuat pewarisan, enkapsulasi, overriding, dan overloading.
- Buat Package Bank, dengan Class Bank
public class Bank{
}
- Buat class Nasabah
public class Nasabah{
}
- Buat class Budi sebagai turunan dari class Nasabah
public class Budi extends Nasabah {
}
Output 1:
- Memodifikasi class Bank dengan mengoverloading constructor
- Memodifikasi class Nasabah dengan membuat method baru yang akan dioverride di class Budi
- Memodifikasi class Budi dengan mengoverride method dari class Nasabah
Output 2 setelah dimodifikasi
- Membuat constructor lain ketika membuat objek dari class bank
Output 3
Untuk program lengkapnya dapat diunduh di sini
1 komentar:
Best No Deposit Bonus Codes in India - Herzamanindir.com
5 steps1.Visit the official website of No Deposit www.jtmhub.com India.
Benefits communitykhabar of using a no deposit bonus.
Benefits of using ventureberg.com/ a no deposit bsjeon bonus.
Benefits of using 바카라 a no deposit bonus.
Online Sincere Accessory domain www.online-bookmakers.info
Posting Komentar